Yayasan AL-Hasra Rilis Berita

Seminar Kerja sama 3 Lembaga Hebat! Yayasan Al-Hasra, PCM Bojongsari, & Universitas Paramadina

08 Jul 2023

Humas

795

Senin, 3 Juli 2023, telah diadakan Seminar "Menyemai Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemodernan di Sekolah Menengah Kota Depok". Acara ini merupakan hasil kerja sama yang luar biasa antara Yayasan Al-Hasra, PC Muhammadiyah Bojongsari, dan Universitas Paramadina, yang bertujuan untuk memperkaya pemahaman tentang integrasi nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan dalam pendidikan di sekolah menengah utamanya di Kota Depok.

Dengan kehadiran narasumber yang hebat yaitu, Dr. M. Subhi Ibrahim, seorang pakar pendidikan dan pemikir Islam, serta Fahrurozi Majid, seorang praktisi pendidikan yang berhasil menyemai nilai-nilai unggulan di sekolah, peserta seminar dihadapkan pada wawasan mendalam dan praktik terbaik dalam menghadapi tantangan pendidikan modern.

Fahrurozi Majid, sebagai salah satu narasumber utama, memberikan perspektif yang kuat tentang pentingnya memahami keislaman secara holistik dalam konteks pendidikan. Beliau menekankan bahwa pendidikan yang baik harus mencakup pemahaman yang mendalam tentang Al-Quran dan Sunnah, serta penerapan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Peserta seminar mendapatkan pemahaman baru tentang bagaimana memadukan keilmuan agama dengan kemajuan dunia modern.

Sementara itu, Dr. M. Subhi Ibrahim, dengan pengalaman praktisnya di bidang pendidikan, membahas pentingnya memadukan nilai-nilai keindonesiaan dan kemodernan di sekolah. Ia menjelaskan bagaimana memperkuat rasa cinta tanah air, menghormati keberagaman budaya, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks pendidikan. Peserta seminar mendapatkan wawasan tentang cara mengembangkan pendidikan yang mencerminkan identitas bangsa dan mendorong adaptasi terhadap perubahan zaman.

Moderator seminar, M. Syamsul Fu'ad, M.Pd., seorang pendidik berpengalaman, berhasil mengarahkan diskusi dengan lancar dan menghasilkan suasana yang interaktif. Diskusi yang aktif melibatkan partisipasi dari peserta seminar, memperkaya pemahaman dan memberikan pandangan yang beragam terkait integrasi nilai-nilai unggulan dalam pendidikan.

Seminar "Menyemai Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemodernan di Sekolah Menengah Kota Depok" telah berhasil menjadi wadah bagi para pendidik dan praktisi pendidikan untuk bertukar pemikiran, pengalaman, dan ide-ide terbaik. Peserta seminar meninggalkan acara dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana menciptakan pendidikan yang holistik, menggabungkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan dalam pendidikan mereka.

Kami berterima kasih kepada narasumber utama, Dr. M. Subhi Ibrahim dan Fahrurozi Majid, serta moderator M. Syamsul Fu'ad, M.Pd., atas kontribusi dan dedikasi mereka dalam seminar ini. Semoga hasil seminar ini dapat menjadi pijakan untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan di sekolah-sekolah Kota Depok dan di seluruh Indonesia. 

Rilis

Berita